Badan Pangan Dunia Kurangi Bantuan Bagi 187 Ribu Palestina

Metroislam.id – Penanggung jawab di agenda pangan dunia menginformasikan bahwa lembaga kemanusiaan tersebut mulai mengurangi bantuannya untuk rakyat Palestina di Tepi Barat dan Gaza, dengan dalih kekurangan dana.

Direktur badan pangan di wilayah Palestina Steven Carny menegaskan, pemutusan bantuan dari sekitar 27 ribu Palestina di Tepi Barat mulai berlaku sejak awal Januari ini.

Juga ada pengurangan sebanyak 20 % bagi sekitar 165 ribu warga Palestina, termasuk 110 ribu di Gaza.

Keputusan pengurangan disebutkan sebagai evaluasi bertahap terkait donasi sejumlah negara donator dalam 4 tahun terakhir ini, terutama pengurangan kontribusi Amerik sebagai negara donor paling besar di badan pangan internasional ini.

Para tahun 2018 lalu, badan pangan telah memberikan bantuan bagi 250 ribu jiwa, 110 ribu di Tepi Barat.

Dan pada 19 Desember 2018 lalu, badan pangan mengirimkan surat kepada donator untuk menutupi kekurangan dana mencapai 57 juta USD, dan saat ini tengah menjadi bahasan para donator untuk menutupinya.

Cerny menyebutkan, pengurangan bantuan akan berdampak buruk bagi perekonomian Palestina, karena warga menggunakan kartu anggota untuk membeli bahan pokok dari pedagang lokal.

Di Gaza sebanyak 80 % warga yang berjumlah sekitar 2 juta jiwa bergantung kepada bantuan internasional.

Penjajah Israel sejak tahun 2006 memblokade Gaza, sementara otoritas Palestina sejak April 2017 menerapkan sanksi kepada Gaza.

Penjajah Israel melancarkan 3 agresi militer ke Gaza sejak tahun 2008. Dan pemerintah Amerika menghentikan bantuan Palestina mencapai sekitar 500 juta USD. (Sumber : melayu.palinfo.com/wy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *