Ini #10YearChallenge Ala Netanyahu

Metroislam.id – Awal tahun ini, media sosial kembali diramaikan dengan challenge baru, yaitu 10 Years Challenge. Tantangan ini berupa keberanian untuk mengunggah foto kita 10 tahun lalu, disandingkan dengan foto kita saat ini.

PM Israel Benjamin Netanyahu pun ternyata mengikuti tantangan ini. Namun, alih-alih memasang foto dirinya, ia mengunggah foto perkembangan pembangunan tembok di perbatasan Masir.

Ketika orang-orang menambilkan dirinya yang tumbuh lebih tua dan dewasa, Benjamin Netanyahu memperlihatkan dirinya yang semakin anti-imigrasi.

Foto 2019 yang ia unggah adalah foto tembok panjang yang membentengi perbatasan Israel dan Mesir di gurun Sinai. Di sampingnya, terdapat foto yang diambil pada tahun 2009 di lokasi yang sama, ketika tembok tersebut masih berupa pagar kawat setinggi pinggang.

Tweet Netanyahu ini dengan cepat menyebar di kalangan aktivis. Menurut mereka, foto 10 Years Challenge Netanyahu ini menunjukkan bahwa Israel adalah “masyarakat yang sangat rasis.” Netanyahu juga dianggap bersekutu dengan Presiden AS Donald Trump yang juga seorang penggemar tembok perbatasan.

Selesai dibangun pada 2012, tembok Mesir sepanjang 200 km ini memotong arus imigrasi ilegal hamper seluruhnya. Meski kontroversial, Netanyahu selalu membela keberadaan tembok ini karena menurutnya dapat mencegah teroris memasuki Israel, serta mencegah imigran Afrika yang dapat mengubah susunan demografis Israel yang bermayoritas Yahudi.

“Serangan oleh kelompok-kelompok teroris di Sinai, dan yang terburuk: banjir penyusup ilegal dari Afrika,” kata Netanyahu pada bulan Maret lalu. “Bagaimana kita bisa menjamin sebuah negara Yahudi yang demokratis dengan adanya 50.000, 100.000, dan mungkin 1,5 juta [imigran ilegal]?”

Israel juga telah membangun tembok di sepanjang perbatasan dengan Lebanon, Jalur Gaza, dan beberapa kawasan Tepi Barat.

sumber : liputanislam / wy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *