Palestina Memulai Kepemimpinan di G-77 PBB, RI Ucapkan Selamat

Metroislam.id – Indonesia mengucapkan selamat kepada Palestina atas dimulainya kepemimpinan mereka dalam G-77 PBB. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi kepada Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyadh Mansour.

“Mengawali pertemuan saya di New York, pagi ini saya bertemu dengan Wakil Tetap Palestina untuk PBB, Riyadh Mansour. Indonesia sampaikan ucapan selamat kepada Palestina atas Keketuaan Palestina pada Kelompok 77 di PBB untuk periode 2019,” kata Retno melalui akun Twitternya, seperti dikutip Sindonews pada Selasa (22/1).

Retno kemudian mengatakan, dalam pertemuan itu Mansour berterima kasih kepada Indonesia atas dukungan tiada henti kepada Palestina dan berharap dukungan itu akan turut dibawa Indonesia di Dewan Keamanan (DK) PBB.

“Palestina sangat mengapresiasi dukungan konsisten Indonesia terhadap perjuangan Palestina dan harapan agar dukungan tersebut terus diberikan selama keanggotaan Indonesia dalam DK,” ucapnya.

Patut diketahui, pada Oktober lalu, Majelis Umum PBB mendukung kepresidenan G-77 Palestina dengan 146 anggota memberikan suara mendukung. Amerika Serikat (AS), Israel dan Australia menentang kepresidenan Palestina.

Sebagai ketua kelompok, Palestina, yang merupakan negara pengamat non-anggota, akan dapat bertindak sebagai negara anggota dan menggunakan haknya untuk menjawab sebagai anggota blok.

Sebagai negara pengamat non-anggota, Palestina memiliki hak untuk memilih beberapa resolusi Majelis Umum dan berpartisipasi dalam organisasi di tubuh PBB.

sumber : sindonews / wy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *