Ujaran Kebencian Beredar di Pesantren

Metroislam.id – Tabloid ‘Indonesia Barokah’ yang diduga memuat konten kampanye dan ujaran kebencian terhadap salah satu calon presiden, beredar di sejumlah masjid dan pesantren di Kabupaten Majalengka. Bawaslu setempat sedang mendalami kasus tersebut.

Peredaran tabloid itu di antaranya ditemukan di Masjid At-Taqwa yang ada di lingkungan SMK Kesehatan Bhakti Kencana di Jatiwangi. Ketua Panwaslu Kecamatan Jatiwangi, Sonny Pratama Wijaya, mengungkapkan, pihaknya sudah mengonfirmasi langsung ke pihak sekolah tersebut.

‘’Wakil kepala sekolahnya juga mengaku kaget dengan adanya kiriman tabloid itu dan langsung melaporkannya kepada kami,” kata Sonny, Selasa (22/1).

Setelah ada temuan tersebut, lanjut Sonny, Panwaslu Jatiwangi segera mendatangi tokoh masyarakat, tokoh agama dan unsur masyarakat lainnya. Ternyata, mereka juga mendapatkan kiriman tabloid tersebut. Hingga saat ini, ada 12 eksemplar tabloid tersebut yang ditemukan di Kecamatan Jatiwangi.

“Tabloid itu sudah dilaporkan kepada Bawaslu Kabupaten Majalengka untuk ditindaklanjuti,’’ terang Sonny.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka, Agus Asri Sabana, mengungkapkan, pihaknya terus menginventarisasi penyebaran tabloid tersebut. Hingga saat ini, sudah ada sembilan kecamatan yang melaporkan adanya peredaran tabloid Indonesia Barokah dengan jumlah 38 eksemplar.

“Hingga saat ini, kami belum bisa memastikan apakah peredaran tabloid itu termasuk pelanggaran pidana atau bukan. Hal itu butuh kajian hukum yang lebih mendalam,’’ kata Agus.

sumber : Republika / wy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: