Pentingnya Berguru pada Sejarah

Metroislam.id – Peristiwa sejarah merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Sebab itu ia kaji dan dikembangkan menjadi sebuah disiplin ilmu. Sejarah juga bermanfaat sebagai cermin kehidupan masa depan sehingga penting berguru pada sejarah.
Pentingnya berguru pada sejarah ditekankan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo, Jawa Timur KH Agoes Ali Masyhuri.
Gus Ali, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa manusia yang mampu berguru pada sejarah akan cerdas dalam bersikap dan mengambil keputusan.
“Urgensi berguru kepada sejarah agar menjadi orang yang cerdas dalam bersikap dan dalam mengambil  keputusan,” ujar Gus Ali dikutip NU Online, Jumat (25/1) lewat twitternya, @gusali_bsh.
Renungan tersebut Gus Ali dapatkan ketika sampai di negeri Madinah dalam kesempatan ibadah umrohnya. Ia menyatakan bahwa Rasulullah SAW mencintai Kota Madinah.
Generasi Islam awal berhasil menjadikan kota yang dulu bernama Yatsrib sebagai pusat perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban.
“Madinah adalah kota  yang paling dicintai Rasulullah SAW, penuh  keberkahan. Generasi Islam pertama mampu menjadikan Madinah sebagai pusat ilmu pengetahuan dan peradaban,” jelas Gus Ali.
Sumber : NU online / wy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *