“Melek Medsos adalah Harga Mati”

Metroislam.id – Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2019 di Hotel Bidakara Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (28/1). Rumah ini mengusung tema “Penguatan Dakwah Ahlussunah wal Jamaah An-Nahdliyah di Era Millenial.”

Ketua LD PBNU KH Agus Salim mengatakan bahwa dakwah merupakan tugas yang diemban ulama sebagai penerus risalah kenabian, dan dalam konteks Nahdlatul Ulama, LDNU memegang pundak dakwah tersebut.

“Dari segi organisatoris berarti berada dipundaknya Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama,” kata Kiai Agus.

Menurutnya, Rakornas ini diadakan untuk menjawab berbagai problematika dakwah yang selalu berkembang, baik dalam aspek ideologi maupun perangkat teknologi yang semakin maju. “Di sinilah pentingnya kenapa kita harus menyelanggarakan Rakornas LD PBNU,” ucapnya.

Ada beberapa hal yang menjadi sorotanya dalam menjawab tantangan dakwah. Pertama, perlunya penguatan terhadap Ahlussunah wal Jamaah An-Nahdliyah yang memiliki karakter tawasut, tasamuh, tawazun, dan i’tidal. Kedua, menanamkan komitmen dan loyalitas terhadap empat pilar, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

Selain itu, ia mengingatkan tentang era millenial yang ditandai dengan kemajuan teknologi. Penyebaran informasi baik di internet maupun media sosial sangat deras. Untuk menanggulangi persebaran berita bohong, ujaran kebenaran, dan fitnah, ia mengemukakan di hadapan pengurangan LDNU agar melek media sosial.

“Sekarang menurut hemat saya perlu juga mengatakan melek medsos adalah harga mati,” jelasnya.

Rakornas dihadiri Rais Aam PBNU KH Miftahul Akhyar, Mustasyar PBNU KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Penasihat LD PBNU KH Abdul Manan Ghoni, Ketua LTM PBNU KH Mansur Syaerozi, Direktur Pengadaan Bulog Bachtiar, Badan Intelijen Negara Wawan H Purwanto, sejumlah politisi, dan perwakilan pengurus LDNU dari sejumlah daerah di Indonesia.

Sumber : NU online / wy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: