Keterlibatan CIA Pada Kekacauan Demo BBM di Iran

Metroislam.id – Direktur Jenderal kontra intelijen Kementerian Intelijen Iran menyatakan pihaknya berhasil mengidentifikasi dan menangkap sejumlah orang yang dilatih CIA, berusaha mengumpulkan informasi intelijen mengenai kerusuhan di Iran.

Sejumlah elemen yang berusaha mengumpulkan informasi tentang kerusuhan dan mentransfernya ke negara-negara asing diidentifikasi dan ditangkap sebelum mereka dapat menjalankan misinya, kantor berita resmi IRNA mengutip direktur jenderal departemen anti-spionase Kementerian Intelijen Iran mengatakan pada hari Rabu (27/11).

“Para agen mata-mata ini dilatih oleh CIA di berbagai negara untuk mengumpulkan informasi dalam bentuk jurnalisme warga. Kegiatan mereka telah diawasi sebelumnya, dan setelah terjadi kerusuhan di Iran, ternyata mereka terbukti menerima instruksi untuk berada di tengah kerusuhan dan memberikan laporan yang akurat dan rinci,” ujar seorang pejabat tinggi kementerian intelejen Iran.

“Enam orang dari mereka ditangkap ketika berada di tengah kerusuhan Iran dan menjalankan aksi mata-mata. Sedangkan dua lainnya yang berusaha untuk mengumpulkan informasi intelijen dan memindahkannya ke luar berhasil diidentifikasi dan ditangkap sebelum meninggalkan Iran,” tegasnya.

Selain itu, pihak lain yang terhubung ke jaringan ini juga dipantau di seluruh Iran, dan akan diambil tindakan hukum dan keamanan jika ada tindakan yang bertentangan dengan keamanan nasional Republik Islam Iran.

Implementasi rencana reformasi harga bahan bakar di Iran yang dimulai sejak 15 November telah memicu protes damai di Tehran dan beberapa kota Iran lainnya. Tetapi perusuh yang terlatih merusak aksi protes dengan mengarahkan nya menjadi kerusuhan yang merusak fasilitas  publik dan pribadi, termasuk bank, ambulans, dan transportasi umum.

Sumber: islamtimes.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: