Roket Mendarat Di Zona Hijau Dekat Kedutaan Besar AS di Baghdad

Metroislam.id – Lima roket mendarat di Zona Hijau dekat Kedubes AS di Baghdad, ibu kota Irak, Ahad malam (5/1/2020).

Seorang kapten polisi Baghdad mengatakan kepada Anatolia bahwa orang tak dikenal telah menembakkan lima roket Katyusha ke kawasan yang dijaga ekstra ketat tersebut.

Sumber yang meminta namanya tidak disebutkan itu menjelaskan bahwa salah satu roket mendarat di sebuah rumah di arah yang berlawanan dengan Kedubes AS dan melukai tiga anggota keluarga, dan  menyebabkan kedutaan itu membunyikan sirenenya.

Serangan ini terjadi setelah terbunuhnya komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Jenderal Qassem Soleimani dan pemimpin relawan Irak al-Hashd al-Shaabi Abu Mahdi Al-Muhandis dalam serangan udara AS di dekat bandara Baghdad pada Jumat lalu (3/1/2020).

Iran dan faksi-faksi bersenjata yang mendukungnya di Irak dan negara-negara lain telah bersumpah akan membalas dan menarget sasaran-sasaran AS di kawasan Timur Tengah.

Brigade Hizbullah Irak Sabtu lalu menyerukan kepada pasukan keamanan negara ini untuk menjauh sejarak minimal seribu meter dari keberadaan pasukan AS mulai  Minggu malam

Sebuah laporan terpisah menunjukkan bahwa Pangkalan Udara Balad, yang terletak sekitar 60 kilometer utara Baghdad, juga diserang roket. Pangkalan itu menampung beberapa pasukan Amerika.

Sementara itu, milisi Kataib Hezbollah Irak telah mengeluarkan peringatan kepada pasukan keamanan setempat yang menyiratkan lebih banyak serangan akan datang. Masyarakat harus tinggal setidaknya satu kilometer dari pangkalan dan fasilitas AS yang menampung pasukan Amerika di Irak mulai Minggu (5/1) malam, kata mereka seperti dikutip oleh media lokal. Mereka tidak mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Sumber: liputanislam.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: