Jujur Adalah Akhlak Para Nabi

Metroislam.id – Bagi sebagian orang, berkata jujur itu sangat berat apalagi jika menyangkut harga diri mereka. Namun berkata jujur sangatlah mudah dan menyenangkan bagi mereka yang bertaqwa dan taat kepada Allah swt.

Insan tidak pernah lepas dari kesalahan. Hanya para Nabi Allah swt saja yang tidak pernah melakukan kesalahan dan dosa. Mungkin bisa dikatakan juga para awliya dan kekasih Allah yang dengan taufik dan bimbingan-Nya bisa terjaga juga dari dosa.

Kadang ada dosa yang memaksa kita harus berkata jujur. Jika kita tidak berkata jujur maka dosa akan membayangi kita seumur hidup kita dan mungkin tidak akan membuat hati kita menjadi tenang. Hanya dengan jujurlah, kita akan menjalani hidup tenang.

Salah satu cucunda Baginda Nabi Muhammad saw, Muhammad bin Ali mengatakan bahwa sebelum kita belajar berbicara maka kita harus belajar berkata benar dan jujur.

“Sebelum berbicara, pelajarilah berkata jujur.”

Selain itu ada sebuah riwayat juga yang menyatakan bahwa Allah swt mengutus para Nabi-Nya dengan kejujuran.

“Sesungguhnya Allah swt tidak mengutus para Nabi-Nya kecuali dengan kejujuran, menunaikan amanah baik punya amanah orang baik maupun tidak baik.”

Jujur adalah salah satu sifat mulia yang dimiliki oleh para Nabi Allah swt. Sehingga berbahagialah bagi mereka yang masih bisa jujur di saat kepentingan pribadi maupun golongan merajalela.

Sumber: beritadunia.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: