Poll CNN: Mayoritas Warga AS Ingin Trump Dimakzulkan

Lima puluh satu persen responden yang mengikuti jajak pendapat menginginkan Senat untuk menghukum Trump atas tuduhan pemakzulan yang diajukan oleh DPR. Pemakzulan itu akan mengarah pada pengusiran Trump langsung dari kantor. Sementara itu, 45 persen responden mengatakan mereka tidak ingin melihat presiden dicopot, demikian Politico melaporkan pada Selasa, 21/01/20.

Jajak pendapat itu dilakukan dari 16-19 Januari dan dirilis pada Senin, saat malam sidang impeachment Senat, yang akan berlangsung Selasa, meskipun para senator dilantik minggu lalu.

Jajak pendapay CNN pada Juni 2018 menunjukkan persetujuan untuk pemakzulan dan penghapusan umumnya berkisar antara 36 dan 47 persen, memuncak pada 50 persen dalam jajak pendapat dari Oktober dan November 2019, setelah proses pemakzulan berlangsung di DPR.

Jajak pendapat terbaru juga menunjukkan bahwa orang Amerika sebagian besar berinvestasi dalam proses pemakzulan, dengan 74 persen responden mengatakan mereka sangat dekat atau agak mengikuti perkembangan.

Mayoritas responden untuk survei CNN mengatakan mereka ingin Senat mendengar lebih banyak saksi, dengan 69 persen menginginkan Senat mendengar kesaksian baru, dan hanya 29 persen yang menolak gagasan itu.

Demokrat mengecam Gedung Putih karena mencegah anggota administrasi bersaksi untuk penyelidik House sebelum artikel impeachment dikirim ke Senat. Sementara Demokrat di Senat berharap akan memperbaiki masalah dengan memanggil saksi dalam persidangan mereka. Senat Republik sebagian besar menolak gagasan untuk mendengar dari saksi dan mengatakan, itu adalah pekerjaan DPR.

Sumber: islamtimes.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: