Pengganti Al-Baghdadi, Inilah Pemimpin Baru ISIS

Metroislam.id – ISIS dikabarkan memiliki pemimpin baru. Dari data intelijen, pemimpin baru ISIS itu bahkan sudah teridentifikasi.

Ia bernama Amir Mohammed Abdul Rahman Al-Mawli Al-Salbi. Hal ini ditulis AFP, mengutip media Inggris The Guardian, Senin (20/1/2020).

“Koran tersebut (Guardian) mengutip para pejabat dari dua layanan intelijen yang tak disebutkan namanya,”tulis media tersebut.

“Menggambarkan dia (Al-Salbi) sebagai salah satu anggota pendiri kelompok teroris dan mengatakan dia telah memimpin perbudakan kaum minoritas Yazidi di Irak.”

Al-Salbi digambarkan sebagai sosok yang loyal pada ISIS dan pemimpin sebelumnya Al-Baghdadi. Guardian mengatakan Al-Salbi dipilih beberapa jam setelah kematian Al-Baghdadi.

“Surat kabar itu menggambarkan dia sebagai veteran yang keras dan gigih,” tulis AFP lagi.

Al-Salbi dilahirkan di Tal Afar Irak, di lingkungan keluarga Turkmenistan. Ia merupakan satu dari sedikit pemimpin non-Arab di kelompok itu.

Ia merupakan sarjana hukum syariah dari Universital Mosul. Menurut Departemen Luar Negeri AS, ia merupakan tokoh dibalik sejumlah ide operasi teroris ISIS dan pernah ditahan AS di 2004.

Sumber: cnbc.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: