Menag: Wawasan Keislaman dan Kebangsaan Satu Kesatuan

Metroislam.id – Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI), Fachrul Razi mengatakan bahwa bagi masyarakat Indonesia wawasan keislaman dan kebangsaan adalah satu paket yang tak terpisahkan. Keduanya sejak dulu awal perjuangan kemerdekaan telah menjadi kekuatan yang tak terlepaskan dalam diri para pendiri bangsa.

“Kita selalu membangun wawasan keislaman dan wawasan kebangsaan menjadi sebuah paket, tidak boleh kita pisahkan,” ucapnya saat berada Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, pada Kamis (23/1).

Menag Fachrul juga menyoroti tentang perkembangan keterbukaan yang sangat pesat di Arab Saudi. Menurutnya, di sana saat ini terjadi keterbukaan yang luar biasa. Hubungan antara agama dan negara juga semakin kuat. mereka tidak pernah memisahkan lagi antara identitas kebangsaan dan identitas keislaman.

“Saya kira sangat sejalan dengan di sini. Kalau di Indonesia dari dulu sudah kita mengatakan yang sama,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Menag juga berbicara terkait persoalan moderasi beragama. Baginya, soal moderasi itu ada dua sisi, yakni sisi radikal dan kedua konservatif. Dua sisi ini harus diupayakan untuk dibawa ke titik tengah. “Kita usahakan pelan-pelan supaya mereka mendekatinya, dan supaya jangan terlalu jauh,” ujarnya.

Sumber: republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *