KH. Ma’ruf Amin: Dengan NKRI dan Pancasila Kita Tetap Bersatu

Metroislam.id –  Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH Ma’ruf Amin mengatakan bahwa tetap bersatunya kita sebagai bangsa dan berhasil melewati berbagai tantangan yang tidak mudah karena kita berpegang pada Pancasila sebagai kesepakatan bersama. Keberagaman suku, budaya, dan agama melebur dalam bingkai besar bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami paling heterogen di dunia namun tetap bersatu, karena kami menjaga kesepakatan yakni Pancasila dan NKRI,” ucapnya saat menjadi pembicara kunci dalam forum internasional executive commite Centrist Democrat International (CDI) di di Hyatt Hotel, Yogyakarta, pada Jumat (24/1).

“Dari perspektif Islam yang merupakan agama mayoritas penduduk Indonesia 88 persen, kami menjunjung tinggi apa yang disebut sebagai kesepakatan nasional yang tak boleh diciderai. Umat Islam di Indonesia tak memaksakan negara sebagai kepercayaan dalam dasar agama dan di Indonesia, semua agama punya hari libur nasional masing-masing tanpa terkecuali,” katanya.

Wapres Kiai Ma’ruf juga mengingatkan segenap anak bangsa agar mewaspadai adanya hal-hal negatif yang juga dialami dunia internasional. Adanya intoleransi, berita bohong, hingga radikalisme dan terorisme menjadi perhatian pemerintah Indonesia.  Menurutnya, munculnya intoleran karena kurangnya komunikasi antar pihak terkait.

“CDI ini saya percaya mampu menjadi jembatan untuk membangun rasa saling pengertian dan inklusivitas yang mendukung kedamaian dunia,” tandasnya.

Sumber: liputanislam.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *