Ismail Haniyeh Surati Para Petinggi Negara Arab Untuk Tolak “Deal of the Century”

Menanggapi didaparkannya rancangan perdamaian yang disebut dengan “Deal of The Century” (Kesepakatan Abad Ini) oleh Presiden Amerika Serikat, Ismail Haniyah selaku kepala kantor politik Hamas mengirim pesan kepada para pemimpin negara Arab san Islam, Sekjen Liga Arab, Kepala Organisasi negara-negara Islam, serta kepala Komisi Uni Afrika.

Dalam surat itu Haniyeh meminta agar para petinggi Arab untuk secara tegas menolak rancangan yang diklaim sebagai solusi damai tersebut.

Haniyeh menekankan bahwa Deal of The Century tak lain akal-akalan Amerika Serikat dan Israel untuk kembali mengambil alih tanah Palestina di Tepi Barat

Haniyeh menyebut Kesepakatan Abad Ini adalah negosiasi yang menghinakan bangsa Palestina. maka dari itu para pimpinan negara Arab yang mendukung atau diam atas rancangan “damai” itu telah mengkhianati Palestina dan itu tak dapat dimaafkan
Haniyah jiga menekankan bahwa seluruh elemen masyarakat di Palestina satu suara dalam menentang Kesepakatan Abad Ini. Ia juga telah menghubungi Presiden Otoritas Nasional Palestina Mahmoud Abbas untuk membahas rencana bersama untuk menggagalkan rancangan damai “yang memalukan” ini.

Amerika Serikat pada Selasa malam telah melaunching rancangan perdamaian yang mereka sebut dengan Kesepakatan Abad Ini. Trump yang berbicara didampingi oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa kesepakatan ini al-Quds akan menjadi bagian dari Israel dan tidak lagi menjadi milik Palestina. Selain itu hak kembali ke tanah air bagi para pengungsi Palestina telah dicabut.

Sumber: beritadunia.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *