Hamas-Fatah Kembali Gelar Pertemuan Rekonsiliasi

Metroislam.id – Para pemimpin Hamas dan Fatah dilaporkan kembali melanjutkan dialog untuk mengakhiri perpecahan internal dan mencapai persatuan Palestina. Pertemuan tersebut diketahui berlangsung di Kairo, Mesir.

Juru bicara Hamas di Gaza, Abdulatif al-Qanoua mengatakan bahwa delegasi kedua gerakan itu telah berkumpul kemarin sore di Kairo untuk melanjutkan dialog rekonsiliasi yang telah berlangsung selama lebih dari sebulan.

“Kami akan bekerja untuk mengatasi rintangan dan menyelesaikan beberapa masalah yang ada, dan kami semua prihatin dengan keberhasilan jalur rekonsiliasi kami,” kata al-Qanoua, seperti dilansir Xinhua pada Selasa (17/11/2020).

Sebelumnya, Perdana Menteri Palestina, Mohammed Ishtaye saat berbicara di pertemuan kabinet mengatakan, delegasi Fatah akan menuju ke Kairo untuk berdiskusi dengan Hamas tentang pemilihan umum.

“Saya berharap untuk mempercepat kesepakatan dalam menetapkan tanggal untuk mengadakan pemilihan berturut-turut dan inklusif untuk Dewan Legislatif dan Kepresidenan untuk memperkuat kehidupan demokrasi dan mengakhiri perpecahan internal,” kata Ishtaye.

Perseteruan antara dua gerakan besar Palestina telah berlangsung sejak 2007, ketika Hamas dengan kekerasan menguasai Jalur Gaza yang terkepung dan menggulingkan pasukan keamanan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas.

Source: www.sindonews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: