Kualitas Ulama (QS 5:63)

Metroislam.id – Nabi Muhammad SAW, pernah berujar bahwa ulama adalah ahli waris para nabi. Mereka juga disebut-sebut sebagai “pemegang amanat Allah atas makhluk-Nya dan panutan umat”. Hal ini menunjukkan bahwa betapa mulia kedudukan ulama sampai berposisi menggantikan peran dan fungsi nabi-nabi. Mereka memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan risalah-risalah Allah kepada umat manusia.

Secara umum, Al-Gazali membagi ulama ke dalam dua kategori: ulama su’ (tercela ulama dunia) dan ulama akhirat. Yang pertama adalah ulama yang sangat dicela oleh Allah SWT. Sebab, mereka hanya mementingkan kepentingan diri sendiri. Mereka sibuk mencari kekayaan, kehormatan, dan kekuasaan, bahkan dengan memperjualbelikan ayat-ayat Allah. Mereka tidak segan-segan menafsirkan ayat-ayat-Nya demi keuntungan pribadi atau kelompok mereka.

Yang kedua adalah ulama akhirat. Mereka memiliki rasa takut kepada Allah SWT, dibandingkan dengan apapun. Mereka selalu membimbing umat agar senantiasa hidup di jalan kebenaran. Mereka mengobati jiwa-jiwa manusia yang berdosa. Sesungguhnya, ulama-ulama inilah pemegang semua amanat Allah atas Makhluk-Nya. (Al-Gazali, Ihya ulumuddin) (sumber tulisan: Buku THE WISDOM Hal.237-Wawasan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: